October 09, 2009

Lalat yang menakjubkan

Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.(QS. Al Hajj : 22 : 73)

Tahukah teman, walaupun lalat itu dikenal sebagai hewan pengganggu, dan kotor, ternyata lalat adalah mahluk Allah yang begitu mengangumkan. Lalat ternyata bukan ciptaan Allah yang sederhana, apalagi hina dan lemah. mereka adalah hewan yang superproduktif. Setiap bertelur bisa mencapai 100 butir. Walaupun rata-rata umurnya pendek hanya 3 bulan. Dalam masa itu mereka bisa menghasilkan 1000 butir telur. Dalam tempo 5 bulan, seekor induk lalat akan berkembang biak menjadi 5,5 miliar lalat. Untunglah populasi sebanyak itu bisa diredam olehnya banyaknya predator atau pemangsa lalat seperti cicak, burung, katak dsb sehingga manusia tidak terlalu terganggu olehnya. Bayangkan teman jika para predator itu musnah? apa jadinya ya dunia kita...

Yang menakjubkan lagi, setelah kawin, dalam 5 hari ia akan bertelur di tempat sampah yang kaya akan gizi dan protein bagi anak-anaknya.Dalam tempo 24 jam, telur menetas menjadi belatung. Tiga hari kemudian menjadi kepompong. Setelah dua hari, lahirlah lalat muda yang siap terbang. Sayapnya bergetar dengan serasi, dengan manuver terbang yang sangat cepat. Telungkup, miring dan telentang. Bisa mendarat terbalik dengan kaki-kaki melekat erat di langit-langit rumah. Kaki itu bila perlu bisa mengeluarkan sejenis lendir perekat. Subhanallah, sungguh menakjubkan.

Pelu diketahui juga bahwa lalat hanya aktif bergerak kalau sedang lapar. Seperti sabda Rasululloh SAW, "Kami kaum yang makan jikalau lapar saja". Dengan mulutnya yang mirip belalai, lalat mengisap bubur berprotein tinggi dari sampah busuk. Setelah kenyang dia diam istirahat di tempat aman, misalnya di tali jemuran atau di langit-langit dapur.

Lalat sangat sukar ditangkap atau dipukul. Selain gaya terbangnya yang gesit, rupanya matanya juga istimewa. Dua belah bola matanya besar bisa melihat ke segala arah. Bola matanya terdiri dari 4000 biji mata facet yang persegi enam. Masing-masing bekerja sendiri-sendiri dan menghasilkan ribuan gambar benda yang dilihatnya. Informasi tadi dikirim sangat cepat ke pusat saraf penglihatannya. Karena itu gerakan memukul sedikit saja sudah segera ditangkap oleh lalat, sehingga dia bisa secepat kilat menghindar.

Satu hal lagi yang menakjubkan dari lalat yang baru diketahui oleh para ilmuwan pada abad ini, ternyata pada salah satu sayap lalat terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat penawarnya. Jika ada lalat yang jatuh pada minuman, lalu dicelupkan kembali maka itu akan membunuh sebagian besar kuman dan hanya menyisakan sebagian kecil saja kuman, dimana hal dibutuhkan tubuh kita untuk membuat sistem imun guna melawan penyakit seperti pencacaran. Sebelum para ilmuwan masa kini mengungkapkan hal tsb, Rasulullah telah mengungkapkan hal tsb lebih dulu, jauh hari sebelum ditemukannya mikroskop oleh manusia. Hal ini menunjukkan bahwa Rasulullah SAW tidak berbicara dengan nafsunya, melainkan semata-mata wahyu dari Allah SWT.
 
Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِي شَرَابِ أَحَدِكُمْ فَلْيَغْمِسْهُ شُمَّ لِيَنْزِعْهُ فَإِنَّ أَحَدَ جَنَاحَيْهِ دَاءٌُ وَاْلا خَرَ دَوَاءٌُ
"Apabila lalat jatuh pada minuman salah seorang kalian, hendaklah dia mencelupkannya, kemudian mengangkatnya. Karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit, dan pada sayap yang lain terdapat penawar."

Nah, kehebatan desain lalat itu sampai sekarang masih belum bisa diproduksi oleh manusia, walaupun semua pabrik dan laboratorium berhimpun untuk itu. Ternyata Allah bukan hanya menyindir patung berhala yang tidak bisa membuat lalat, tetapi juga mengingatkan bahwa ilmu dan teknologi juga jangan diberhalakan.  Wallahu A'lam.

1 comment:

  1. udah bisa ya.syukur Alhamdulillah.kemarin saya klik berkali2,kirain systemku yg rusak.met nge-blog ya.tetap semangat.daku lg Hiatus nih.lg banyak yg diurus (sok sibuk).banyak tulisan yg tak terselesaikan,akhirnya jd draft yg menumpuk.ada ide apa nggak ttg tema tulisan nih?

    ReplyDelete

Tolong tinggalkan komentar ya dan bukan spam. Terima kasih