August 28, 2009

Kurang Tidur = Mengundang Penyakit

Masih terkait dengan artikel sebelumnya tentang nikmatnya tidur, kali ini saya akan kupas bahaya yang mengintai jika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Meningkatkan resiko menderita Diabetes Tipe 2, salah satu penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur tiga atau empat jam per malam selama seminggu mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses karbohidrat, yang menuntun kepada keadaan pradiabetes.
Menjadi kikuk dan mengantuk, Kurang tidur memperlambat waktu reaksi, memperpendek jangkauan konsentrasi, serta melemahkan ingatan.

Menghancurkan pekerjaan,karena tidur or istirahat itu sangat penting dan bersifat vital bagi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kita secara menyeluruh, jadi... jika kurang tidur maka berkurang juga produktivitas kerja kita.
Membahayakan hidup kita dan orang lain,ko bisa ? menurut laporan dari National Highway Traffic Safety Administration 2002 mengantuk saat mengemudi adalah salah satu penyumbang kecelakaan berlalu lintas yang mengakibatkan paling sedikitnya 100.000 tabrakan dan 1500 kematian tiap tahunnya.
Mengurangi hasrat seksual, kurang tidur dapat menaikkan kadar kortisol yang menghalangi reaksi normal testikel pada testosteron dan menurunkan produksi hormon bagi testosteron yang berimbas kepada berkurangnya dorongan seksual.
Mengundang Penyakit, penelitian terhadap beberapa orang dewasa dengan kondisi kesehatan normal didiagnosis dengan penyakit tekanan darah tinggi, arthritis, maag dan depresi mengatakan bahwa mereka jarang mendapatkan tidur malam yang nyenyak. hal ini memperlihatkan hubungan antara kurang tidur dengan penyakit.

Teman semua tentunya kita tak mau kan mengalami hal2 tsb. Kita masih bisa ko memperbaiki kualitas tidur kita. mau tau caranya? insya Allah mudah asal kita Istiqomah dan beri'tikad baik. Salah satunya dengan olah raga rutin 2 hari sekali, minimal selama 30 menit, tata,bersihkan dan rapikan kamar tidur kita supaya nyaman, hindari cahaya yang terlalu terang, sebaiknya gunakan lampu tidur yang temaram, setting kenyamanan suhu kamar, hindari suara bising, dan jika suka, teman bisa nyalakan lilin aromateraphi atau pengharum ruangan yang bisa membuat kita lebih rileks. selamat tidur teman...

1 comment:

  1. awww,udah tulis banyak2 di komentar.enggak tau kemana pula.sy dulu tidurnya enggak gelap2 amat.mesti harus ada setitik cahaya yg masuk.tp sejak menikah,suami ternyata punya kebiasaan tidur dlm keadaan gelap segelap-gelapnya.habis itu,masih dititip pula matanya.habis itu,ditindih bantal pula mukanya.habis itu,ditindih lengan pula(nyilangin lengan kewajah).aneh.hehehhe.ternyata,tidur gelap2 bagus tuk pembentukan hormon melatonin(sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, meningkatkan imun tubuh menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menhilangkan ketegangan).jadi, bangun tidur terasa fresh!

    ReplyDelete

Tolong tinggalkan komentar ya dan bukan spam. Terima kasih